Sunday, July 10, 2011

Jika "Anugerah" Tak Menjadi "Anugerah"



Siapakah musuh terbesar gw selama di rumah?
Jawabannya : sinetron Anugerah
Bukan Putri Yang ditukar, secara nyokap gw ga pernah nonton.

Kenapa nyangkut ke nyokap gw? Ya, karena itulah sinetron yang ditonton nyokap gw selain Antara Cinta dan Dusta ama Cahaya Cinta.

Yah, mau gimana juga semenarik2nya sinetron, tetep aja gw ga tertarik. Buat para penggemar sinetron, jangan marah ya. It's just my opinion.

Mulai dari jalan cerita yang bertele-tele, konflik yang sebenernya muter aja di tempat alias cuma ditambahi konflik dalam konflik yang ga ubahnya isolasi (sori perumpaannya jelek ya.hehehe), ampe akting yang menurut gw masih mendingan sinetron silat Indosiar.

Gw inget ada satu scene yang adegannya anaknya si Nabila yaitu si Anugerah diculik trus ditaro bom gt di pesawat2annya. Udah nyusul tuh ampe ke atap ama si Fandi. Udah tau anaknya bawa bom, mereka berdua cuma bilang "Anugrah.." trus bengong gt. Niatnya mau dramatis, jadinya bego. Ya udah tau ada bom, kenapa ga cepet2 diambil tu bomnya, trus dilempar, malah bengong. Sementara detiknya terus jalan. Eh giliran udah 0 detik, mereka bukannya ngambil Anugrah, mereka malh jongkok nutup kuping.

Trus bomnya ga jadi meledak, eh mereka napas lega. Tiba2 detik bomnya jalan lagi. Balik lagi adegannya, bengong. Baru udah detik 2, baru Fandi ambil trus dilempar.

Pikir gw, bego bgt lw. Itu anak lw kali. Malah bengong, tarik napas, sambil ngomong " Anugrah...". Heh gedek sendiri gw ngeliatnya.

Gw tau suaranya Nabila itu emank rada2 serek becek gt, tapi mbok ya kalo ngomong tuh biasa aja. Pasti berasa nyeret2 mobil gt. Mendesah2 ga jelas. Orang perasaan kalo diwawancara infotainment aja biasa aja tuh suaranya. Aplagi kalo udah manggil papanya tuh. " Papa..papa..." Hadeh, pusing gw.

Terus terang, gw dulu (dulu) suka nonton sinetron. Masih inget tuh, yang Judulnya Doaku Harapanku, Tersanjung (yang season 1 aja), dll. At list, walopun rada panjang, tapi alurnya jelas, ga muter2.

Gw cuma bisa ambil satu hal bagus dari sinetron2 jaman sekarang. Gw acungin empat jempol buat penulis ceritanya yang sanggup bikin tambah konflik tapi intinya tetep sama.

Pernah baca review satu sinetron di majalah, alasan kenapa episodenya panjang benerrr adalah masalah rating. Selama rating masih bagus, bakal terus nambah. Tapi, gw pikir, orang bakal cenderung bosen dan ga ngerti lagi. Masyarakat Indonesia sukanya yang muter2 gt sih (termasuk gw donk berarti).

Kenapa orang ga berkaca dari Korea or Jepang? Dengan episode rata2 20 (Korea) dan 11 (Jepang) untuk satu judul, buktinya mereka bis atuh dapaet rating gede. Bahkan ada yang bisa sampe 50%. Dan yang gw tau, mereka punya judul banyak bgt dalam satu minggu dengan jam penayangan bervariasi.

Para kru jadi bisa lebih kreatif, otaknya terus buat mikir satu cerita yang bisa diterima dengan jalan cerita yang beda dari yang lain. Kreatifitas sangat dituntut. Akting para pemainnya jadi makin terasah dengan memainkan berbagai macam karakter berbeda.

Untuk masalah biaya produksi, gw pikir itu bukan jadi satu kendala. Kalo Korea dan Indonesia punya budget sama, tapi hasil beda kan aneh. Secara teknologi juga ga kalah. Kalo satu budget Indonesia, bisa bikin banyak buat Korea. Bayaran artis Indonesia pada gede2 dengan akting yang ala kadarnya aja. Bahkan ada sodara gw yang kerja di salah satu rumah produksi bilang, gaji salah seorang artis papan atas (atas bgt) bisa sampe 30 jt buat satu episode. Behhh.... kenapa ga bikin cerita yang berkualitas n akting yang keren kalo punya bayaran segitu?

Kalo Indonesia, mau belajar, justru mereka belajar niru. Udah berapa judul sinteron yang jalan ceritanya sama kayak serial Korea, Jepang, or Hongkong? Bukannya tambah bagus, malah ngaco. Ceritanya ditambahin, makin ga jelas n masuk akal.

Gw salut ama sinetron yang menampilkan kalimat "Berdasar dari serial....". Dulu ada tuh, cuma lupa gw judulnya. Di SCTV klo ga salah. Paling ga mereka mencoba membuat versi Indonesia. Ngaku kan namanya?

Jangan mentang2 serial Korea udah terkenal, kalo bikin versi Indonesianya ga di kasih tau. Bahkan ada sinetron yang ambil jalan ceritanya tuh, jalan cerita dari serial yang udah jadul (masih jadul ga sih sekarang istilahnya).

Eniwei, apapun yang gw tulis, merupakan ungkapan keprihatinan gw yang teramat sangat. Kalo ada yang tersinggung, sori2 aja. Tapi, gw beneran mati otak pas nonton sinetron2 itu.

Hueh...capek.

No comments:

Post a Comment