Monday, July 02, 2012

Naik Kereta Api Tut... Tut... Tut...


13 Juni 2012
17:34

Saya suka kereta api. Suka sekali.

Yah walopun dibilang suka, seumur2 baru sekitar 6 kali gw naik kereta. Empat kali ekonomi, 2 kali eksekutif. Pertama kedua kali naik kereta, waktu gw masih SMP bareng ama nyokap n pakdhe budhe gw ke jakarta. Ga ada yg istimewa kecuali gw liat pakdhe gw tidur di kolong kursi. Yah namanya juga kereta ekonomi.

Yang kedua waktu gw pulang kampung lebaran pas tingkat 2. temen gw yg nyariin tiket gajayana. Waktu itu aja udah habis 250rb. Terakhir gw cek harganya udah 350rb. Itu pas lebaran. Tauk deh klo hari biasa. Kenapa gw kayak calo tiket ya? (garuk2 kepala ndiri). Kita berdua dapet tiket nomer 1-2. gw mikirnya berarti dapet nomer depan donk ya. Pengennya sih dapet tengah lah. Biar bisa nyaman liat tipinya.
Ternyata, pas kita naik nomer 1-2 itu nomer paling belakang bray. Jadi kalo perjalanan kediri-jkt itu nomer 1 paling depan, nah klo sebaliknya jd paling belakang. Bukannya apa2 ya. Tapi jadi deketan ama toilet. Gw udah ngebayangin baunya aja.

Tapi setelah duduk, gw pikir2 enak bgt dpt kursi paling belakang lho. Kenapa? Karna kursi belakang itu space ke dinding gerbongnya lebar bgt. Trus kursinya kan bisa diturunin n dimundurin ampe batas maksimal. Jadi kayak tempat tidur gitu. Wah keren tenan iki. Jadi kita berasa tidur di kasur ampe petugas keretanya ngeliatin kita mulu. Hekekekek. Bukan2 karna kita orang gila.

Selama di kereta, ada satu pertanyaan besar dalam diri gw. Jelas2 kursi gw itu belakangnya toilet, tp kenapa ga bau sama sekali ya. Gw bingung ampe kebelet pipis pun gw pengen pipis di botol. Biar dikira teh gt. Hekekekek (ketawa jahat). Karna penasarn (dan ga kuat nahan kencing), gw masuk ke toilet. Ternyata gw baru tau klo toilet di gajayana itu sama kayak toilet di kereta ekonomi. Jadi cuman bolongan gt yg klo kita pup or pipis pasti bakal langsung jatuh ke rel kereta. Pantesan kagak bauuuu. Abisan crot bles gt.

Kondisi ini (halah) beda bgt ama terakhir kali gw naik gajayana taon lalu. Toiletnya udah beda. Udah pake toilet duduk. Udah parno aja gw padahal. Gw kasian aja ama orang2 yg suka jalan di rel kereta. Berarti mereka bisa aja nginjek pup kan? Hoeekkk... Amit2 deh.

Pengalaman naik kereta paling menyedihkan tuh pas gw pp yogya-jakarta. Gw berangkat bareng 4 orang temen kampus. Ceritanya dapet undangan ke UGM gt. Klo ke yogya kan mesti ke senen ya. Apalagi klo kereta ekonomi. Gw baru tahu klo tiket kereta ekonomi tuh ada yg non tempat duduk. Soalnya kan gw selalu dpt duduk. Yah biasa lah orang indonesia kan penghasil karet jadi pasti ngaret. Janjian jam berapa, dateng jam berapa.

Nah pas baru naik ampe sekitaran cirebon sih kita masih duduk tuh. Abis itu kita ga bisa duduk sama sekali. Berdiri terus. Duduk di lantai pun susyah. Banyak yg lalu lalang.
'KOPI KOPI...NASI NASI...MIE MIE...'
Gw sempet tanya ama salah satu penumpang yg berdiri juga. Kira2 bisa duduk kapan ya? Ya katanya sekitar jam 3-4 pagi klo udah nyampe sekitar purwokerto-purworejo. Anjrit. Mampus. Bisa bekonde nih kaki.

Sebenernya kita sih ga masalah berdiri klo kondisi badan sehat ya. Masalahnya ada salah satu temen gw yg baru pertama kali naik kereta api, trus mabok. Dan cowok pula. Sebut aja namanya Ismail bin Mail. Sumpah, baru sekali2nya ini gw denger ada orang naik kereta api mabok. Klo naik bus, kapal laut ato pesawat sih gw maklum. Tapi ini kereta api bray. KERETA API. SUMPAH, LEBAY ABISSS.

Jadi ya kita kayak bebisiter gt. Mastiin dy ga kejedug lah. Biar gmn caranya dy bisa duduk lah. Padahal sodara2, kita ini posisinya mencar2. gw dimana, dy dimana. Jadi teriak2 gt ampe diketawain orang2. huhuhuhu. Untung tak dapat ditolak, malang penghasil apel, sampe purwokerto pun kita tetep aja kagak dapet duduk. Kagak ada yg turun. Nasip2. saking ngantuknya, temen gw yg kebanyakan makan tiang listrik, tidur di kolong kursi. Begonya, seharusnya kan kepala ada di dalem ya. Dy malah naro kaki di dalem, kepala di luar. Untung aja kagak keinjek ato didudukin org. Trus dikentutin pula. Kan ga elit klo temen gw mati trus penyebabnya  MABOK KENTUT.

Yah eniwei, kita nyampe yogya tetep selamet lah. Sehat walopun kayak org kena jetlag. Hakakakak. Di Yogya, wah bener2 dah. Menggila kita. Yg namanya rapat, seminar, lewat lah ama kita. Belanja2 ke malioboro. Nah temen gw si Ismail bin Mail pengen bgt beli celana batik. Gw pikir dy koleksi batik. Ternyata cuma gara2 dy kagak bawa celana ganti. Bego kok dipiara.

Si celana ganti ini dengan usaha sgt keras (baca:nawar) berhasil didapat dengan cucuran keringat. Senanglah hati si Ismail bin Mail ini. Tp sungguh sgt disayangkan. Umur sang celana batik tidaklah panjang. Sang celana batik pun dipakai saat hari kepulangan kembali ke jakarta. Karna orang Yogya baik hati, diantarlah kami ke stasiun dengan motor (asyyiiikkkk gratisssss). Sang Ismail bin Mail pun memakai sang celana batik dan segera menaiki motor. Di situlah bencana paling besar abad ini terjadi.

Terdengarlah bunyi BREEETTTT ato WREEEKKK (yg mana sih yg bener) dari arah bawah. Ternyata sang celana batik sobek sodara2. Haghaghaghag. Cucian deh lo.
Ya udah karna udah terlanjur n ga mungkin balik, jadilah si Ismail bin Mail ini pergi ke stasiun dengan lobang buaya di pantat. Untung dy pake daleman.

Sekian.

NB : Makanan di kereta mahal bener yak. Huhuhu.

No comments:

Post a Comment